DELEIGEVEN HISTORICULTURAM

HISTORY IS ONE OF THE BEST INFORMATION FOR OUR CURRENT & FUTURE

Translate

Tuesday 27 June 2017

DATUK BELAMBANGAN, RAJA PERTAMA BATUBARA






NEGERI BATUBARA

Batubara adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Wilayah Batubara didominasi oleh wilayah pesisir pantai yang terletak ditepi Selat Malaka. Wilayah Batubara baru menjadi kabupaten pada tahun 2006 setelah sebelumnya digabungkan dengan Kabupaten Asahan.

Negeri Batubara terbentuk disaat yang bersamaan dengan berdirinya Kerajaan Batubara disekitar tahun 1676-1680. Sebelum Kerajaan Batubara didirikan diwilayah ini, bisa dibilang wilayah ini tidak memiliki penghuni tetap sehingga belum ada peradaban sebelum era Kerajaan Batubara.

Pada jaman dahulu, meskipun berada di wilayah timur Pulau Sumatera, perjalanan sejarah Batubara lebih berkaitan erat dengan Kerajaan Alam Minangkabau di wilayah barat Sumatera. Wilayah Batubara sangat strategis. Selain berada ditepian Selat Malaka, wilayah Batubara juga berbatasan dengan wilayah-wilayah makmur sejak jaman dahulu kala, seperti Asahan, Simalungun, Deli, dan Pematang Bedagai.

Jika mengacu pada tulisan sejarawan ternama, Hamka, yang menyebutkan bahwa kedatangan Islam ke Pulau Sumatera diawali pada abad ke-7, sedangkan penyebarannya mulai merata pada abad ke-12 atau ke-13, maka dipastikan bahwa Kerajaan Batubara berdiri setelah masa Hindu-Buddha dan pada masa Islam sudah menjadi agama utama di Sumatera.

Wilayah Batubara mulanya adalah salah-satu wilayah kekuasaan Kerajaan Simalungun yang menjadi bagian dari Kesultanan Asahan dan dibawahi oleh Kesultanan Aceh. Datuk Belambangan, yang tersasar ke Simalungun saat berburu, diundang sebagai tamu raja Simalungun dan tinggal lama di Simalungun. Beliau kemudian menikah dengan putri raja. Raja Simalungun lalu memberikan wilayah Batubara kepada Datuk Belambangan karena putri raja (istri Datuk Belambangan) sangat menyukai wilayah itu. Inilah mengapa pada jaman dahulu raja-raja kecil di wilayah Batubara meminta legitimasi kepada Yang Dipertuan Pagaruyung dari Kerajaan Alam Minangkabau di Pagaruyung dan kemudian kepada Kesultanan Siak (yang didirikan atas bantuan Kerajaan Alam Minangkabau) ketimbang kepada Kesultanan Aceh yang lebih dekat.





ASAL-USUL DATUK BELAMBANGAN

Raja Belambangan atau Datuk Belambangan adalah salah-satu putra raja Kerajaan Alam Minangkabau. Kerajaan Alam Minangkabau adalah kerajaan yang terletak dibagian barat Sumatera, dan pada masa itu pusat pemerintahannya berada di wilayah Pagaruyung, sehingga kerajaan ini juga kerap disebut Kerajaan Pagaruyung.

Dikatakan, ayah Datuk Belambangan adalah Raja Bujang. Raja Bujang adalah putra Yang Dipertuan Pagaruyung (penguasa utama Kerajaan Alam Minangkabau) saat itu, yaitu Raja Gamuyang. Raja Bujang dan ayahnya, Raja Gamuyang, adalah salah satu dari Tiga Raja Minangkabau (Rajo Tiga Selo) saat itu. Kerajaan Minangkabau saat itu memiliki sistem kerajaan yang unik, yaitu diperintah oleh tiga raja secara bersamaan tetapi memiliki tugas yang berbeda. Raja yang pertama dan utama adalah Raja Alam, atau sultan, yang bergelar Yang Dipertuan Pagaruyung. Raja Alam adalah kepala nagari (negara) yang mengurus pemerintahan. Raja Alam membawahi Raja Adat (mengurus peraturan adat kerajaan) dan Raja Ibadat (yang mengurus urusan keagamaan Islam). Raja Adat dan Raja Ibadat, yang membantu sultan mengurus kerajaan, adalah jabatan yang dipegang turun-temurun. Sistem Rajo Tiga Selo ini terus bertahan hingga meletusnya Perang Padri (1815).

Kerajaan Alam Minangkabau adalah salah-satu kesultanan yang paling berpengaruh di Sumatera, selain Kesultanan Aceh dan Kesultanan Siak Sri Inderapura. Jika dibandingkan dengan Kesultanan Aceh, yang diturunkan oleh Kesultanan Samudra Pasai, dan Kesultanan Siak Sri Idrapura, yang diturunkan dari Kesultanan Johor, Kerajaan Alam Minangkabau memiliki peradaban yang sudah terekam sejak masa Kerajaan Singasari dan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Alam Minangkabau adalah kerajaan penerus Kerajaan Melayu Dharmasraya yang didirikan oleh Raja Trailokyaraja dari Wangsa Mauli pasca runtuhnya Kerajaan Sriwijaya akibat dilemahkan oleh serbuan Raja Rajendra Chola I (dari Kerajaan Koromandel, India). Kerajaan Melayu Dharmasraya adalah salah-satu kerajaan Sumatera yang tercatat namanya dalam Kitab Pararaton dan dalam berbagai relik dan prasasti yang berhubungan dengan Maharaja Kertanegara dan raja-raja Majapahit. Kerajaan ini jauh lebih tua dari Kerajaan Joseon di Korea, Kekaisaran Ming di Tiongkok, Kekaisaran Rusia, dan dinasti-dinasti Eropa yang kini berkuasa di Inggris, Perancis, dan sebagainya. Kerajaan Melayu Dharmasraya juga sangat terkenal hingga di mancanegara karena memiliki kebudayaan yang maju dan hasil bumi yang melimpah. Akibat perubahan iklim politik di Semenanjung Malaka, Kerajaan Melayu Dharmasraya lalu memindahkan ibukotanya dari wilayah pantai ke wilayah pedalaman Sumatera Barat. Masuknya agama Islam sangat mempengaruhi kebudayaan dan politik di Minangkabau. Lama-kelamaan kerajaan ini mengurangi pengaruh Buddhisme dan menggantinya dengan Islam termasuk dalam penamaan kerajaan, walau beberapa rajanya masih menggunakan nama-nama dari bahasa Sansekerta. Wangsa Mauli tidak berganti, tetapi nama kerajaannya berubah. Kerajaan Melayu Dharmasraya lalu diubah namanya menjadi Kerajaan Alam Minangkabau yang rajanya dipanggil sultan.

Dengan latar belakang seperti itu, tentulah raja Simalungun, yang menjadi tuan rumah saat Datuk Belambangan tiba di Simalungun, merasa sangat terhormat saat menerima Datuk Belambangan sebagai tamu mereka.





PERBURUAN YANG GAGAL

Sebelum pangeran dari Kerajaan Alam Minangkabau ini menjadi penguasa negeri Batubara, beliau tinggal dan dididik didalam istana Kerajaan Alam Minangkabau, Sumatera Barat. Usai mempelajari dan menguasai semua ilmu yang wajib diketahuinya, beliaupun menghadap ayahnya, Raja Minangkabau. Datuk Belambangan memohon pada ayahnya agar diijinkan meninggalkan istana untuk pergi berburu rusa untuk melengkapi kebanggaannya sebagai seorang pangeran. Raja mengabulkan permohonan putranya, dan berangkatlah Datuk Belambangan bersama dengan serombongan pengawal, juga beberapa sahabatnya.

Rombongan sang pangeran meninggalkan negerinya dengan menyusuri pesisir pantai, lalu melintasi hutan belantara dan wilayah pegunungan. Namun, belum ada rusa yang terlihat. Walau mereka sudah kelelahan tapi pantang bagi Datuk Belambangan dan rombongannya untuk pulang sebelum mendapatkan hasil buruan.

Akhirnya, terlihatlah oleh Datuk Belambangan, seekor rusa. Datuk Belambangan dan rombongannya memburu rusa itu dan berusaha menangkapnya. Namun, rusa itu mampu melarikan diri sehingga menyebabkan Datuk Belambangan dan rombongannya terpaksa terus melanjutkan peburuan. Perburuan itu membuat Datuk Belambangan dan rombongannya tidak mengetahui waktu dan tempat mereka.

Tiba-tiba, terlihatlah oleh mereka sebuah perkampungan. Oleh orang yang mereka temui dijalan, mereka mendapat informasi bahwa mereka berada di Negeri Simalungun. Setelah mengetahui bahwa yang dihadapan mereka adalah seorang pangeran, maka dihantarkanlah Datuk Belambangan dan rombongannya ke istana salah-satu Raja Simalungun, kemungkinan dari klan Damanik atau klan Sinaga.

Raja Kerajaan Simalungun menyambut Datuk Belambangan dan rombongannya dengan gembira dan mendengar dengan penuh minat mengenai perkembangan Kerajaan Pagaruyung termasuk kabar dari Raja Pagaruyung dan seisi istana, dan juga tentang cerita perburuan Datuk Belambangan. Setelah mendengar cerita tentang perburuan yang gagal, raja Simalungun meminta agar Datuk Belambangan dan rombongannya tinggal sementara waktu di Negeri Simalungun. Tawaran itu disetujui oleh Datuk Belambangan dan dinilai bijak oleh rombongannya.

Keberadaannya Datuk Belambangan di Simalungun berawal sebelum tahun 1680.






MENJADI ANGGOTA KELUARGA KERAJAAN SIMALUNGUN

Datuk Belambangan tinggal cukup lama di Simalungun. Rupanya beliau menaruh hati pada putri raja Simalungun. Datuk Belambangan lalu menghadap Raja Simalungun dan mengutarakan perasaannya, juga meminang putri raja untuk dijadikan istri. Raja Simalungun rupanya juga berharap agar pangeran dari Pagaruyung itu dapat menjadi menantunya. Rajapun menikahkan putrinya dengan Datuk Belambangan. Rakyat Simalungun bersuka-cita, dan rombongan pangeran juga memandang pernikahan itu baik adanya. 

Putri raja Simalungun bermarga “Damanik”, sesuai dengan marga ayahnya. Menurut kebiasaan Simalungun saat itu Datuk Belambangan juga harus memakai marga dari Simalungun. Maka, raja Simalungun memberikan marga pada Datuk Belambangan yaitu marga Sinaga.

Pemberian marga Sinaga pada Datuk Belambangan ini menunjukkan bahwa seluruh raja di Simalungun saat itu sangat menghormati Datuk Belambangan dengan latar belakang Pagaruyung-nya, sebab saat itu marga Sinaga adalah salah satu marga tertinggi disana.

Sistem aristokrasi di Simalungun saat itu sangat ketat dan mewajibkan semua rakyat memiliki marga yang mengikuti marga raja dimana mereka tinggal. Ada empat kerajaan kecil di Simalungun yang juga dipimpin oleh empat raja dengan marga yang berbeda, yaitu Damanik, Saragih, Sinaga, dan Purba. Menurut catatan-catatan tua Simalungun, daerah Simalungun, adalah kerajaan tertua di Sumatera Timur. Marga Damanik adalah marga tertua dan yang paling pertama datang di Simalungun (Proto-Simalungun), yang diperkirakan berasal dari Nagore, India Selatan. Leluhur klan ini tiba di Simalungun pada sekitar abad ke-5 M setelah sebelumnya menempuh perjalanan dari India Selatan melewati Myanmar, menyebar ke Siam dan juga membawa orang-orang dari Siam, kemudian menuju Malaysia, hingga kemudian tiba di Sumatera. Setibanya di Simalungun, klan Damanik mendirikan Kerajaan Nagur (sesuai nama wilayah asal di India). Kerajaan Nagur ini adalah nama lama wilayah Simalungun. Klan Saragih adalah marga kedua datang di Simalungun, yang juga diperkirakan berasal dari Nagore, India Selatan. Leluhur klan ini tiba di Simalungun pada sekitar abad ke-5 M. Setibanya di Simalungun, pemimpin klan Saragih bersama dengan pemimpin-pemimpin klan Purba dan klan Sinaga mengabdi pada Kerajaan Nagur, yang didirikan oleh klan Damanik, sebagai panglima. Ketiga panglima ini menjadi menantu Raja Damanik, dan raja pun menyerahkan wilayah untuk diatur oleh ketiga menantunya ini yang kemudian menjadi Kerajaan Banua Sobou (dipimpin oleh klan Saragih) yang kemudian dikenal dengan nama “Kerajaan Raya” atau “Kerajaan Pematang Raya”, Kerajaan Banua Purba (dipimpin oleh klan Purba) yang kemudian dikenal dengan nama “Kerajaan Silou” atau “Kerajaan Dolok Silou”, dan Kerajaan Saniang Naga (dipimpin oleh klan Sinaga) yang kemudian dikenal dengan nama “Kerajaan Batangiou” dan kemudian berganti lagi menjadi “Kerajaan Tanoh Jawa”. Kerajaan Nagur yang didirikan klan Damanik adalah pendahulu Kerajaan Siantar. 

Klan Sinaga sebenarnya juga datang dari India bersama dengan tiga klan lainnya pada abad ke-5 M. Tetapi, menurut cerita turun-temurun di Simalungun, klan Sinaga lama yang mendirikan Kerajaan Saniang Naga (dikenal juga dengan nama Kerajaan Batangiou) dikalahkan oleh keturunan seorang jenderal Jambi yang tiba pada abad ke-14 saat Kerajaan Majapahit menyerbu Sumatera. Setelah klan Sinaga lama ini kalah maka keturunan jenderal Jambi, yang juga mengaku bernama Sinaga, lalu mendirikan Kerajaan Tanoh Jawa.

Keempat kerajaan ini sepakat tidak saling menyerang satu sama lain dalam suatu perjanjian yang bernama “Harungguang Bolon”. Untuk membedakan keluarga bangsawan dan keluarga rakyat, maka marga yang diambil oleh masing-masing penduduk akan digolongkan ke beberapa golongan, dengan empat marga itu tetap menjadi marga utama dan yang statusnya paling tinggi. Jika saat itu Datuk Belambangan diberi marga dari salah-satu empat marga tinggi itu maka artinya beliau diakui sebagai salah-satu kerabat raja.

Mengenai siapakah raja yang menerima Datuk Belambangan di istananya tidak diketahui pasti, tetapi ada beberapa kemungkinan jika mengacu pada adat-istiadat di Simalungun saat itu. Mungkin Datuk Belambangan pertama kali bertemu dan tinggal di istana raja dari klan Sinaga, sebab marga Sinaga-lah yang diberikan pada Datuk Belambangan, sedangkan istrinya berasal dari marga Damanik. Tapi, bisa jadi juga Datuk Belambangan sejak awal kedatangannya di Simalungun sudah tinggal di istana raja dari klan Damanik dan sering bertemu dengan putri raja Damanik. Karena sebisa mungkin setiap wanita Simalungun harus menikah dengan pria Simalungun atau membawa marga dari Simalungun, dan juga pernikahan se-marga adalah tabu, sedangkan Datuk Belambangan belum memiliki marga dari Simalungun, maka raja Simalungun dari klan Damanik meminta raja dari klan Sinaga untuk menjadikan Datuk Belambangan sebagai anak angkatnya sehingga Datuk Belambangan bisa mendapatkan marga Sinaga, yang saat itu merupakan marga bangsawan tinggi di Simalungun. Menurut permargaan di Simalungun, Keturunan Datuk Batubara yang menikah dengan pria marga Damanik dari Simalungun berada dalam klan Damanik Bariba.

Pernikahan Datuk Belambangan dan keberadaannya di Simalungun terjadi sekitar tahun 1676-1680 (Muhamamad Yusuf Morna, Sejarah Batubara Dari Masa Ke Masa halaman 28, 2010).






MENJADI PENGUASA BATUBARA

Tidak lama setelah menikahi istrinya dari klan Damanik, istri Datuk Belambangan-pun hamil. Saat itu, istrinya sangat ingin melihat pantai. Datuk Belambangan lalu menghadap kepada ayah mertuanya dan mengutarakan permintaan istrinya yang ingin sekali melihat laut dan pantai. Sang raja yang paham betul bahwa putrinya sedang mengidam, memberi ijin pada mereka untuk pergi ke daerah pesisir pantai, dan bahkan memberikan segala kebutuhan putri dan menantunya beserta rombongan mereka seperti perbekalan dan juga pengawal. Datuk Belambangan dan istrinya pun berangkat ke pantai yang masih berada dalam wilayah Simalungun, dan yang dianggap paling indah. Rombongan Datuk Belambangan dan istrinya yang terdiri dari orang-orang asal Minangkabau dan Simalungun kemudian berangkat menuju ke pesisir pantai yang menjadi bagian dari wilayah yang kini dikenal sebagai Negeri Batubara.

Setibanya mereka di wilayah Batubara, mereka langsung mendirikan pemukiman di tepi sungai didekat muara. Pemukiman yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka ini dinamakan “Kuala Gunung” (Muhamamad Yusuf Morna, Sejarah Batubara Dari Masa Ke Masa halaman 29, 2010). Datuk Belambangan bermaksud untuk membuat pemukiman ditempat itu sebagai tempat tinggal tetapnya dan juga ingin membangun daerah itu menjadi sebuah negeri baru. Sang istri juga rupanya mendukung keinginan suaminya. Seluruh rombongan-pun mendukung keinginan dari Datuk Belambangan. Datuk Belambangan lalu mengutus utusan kepada Raja Simalungun untuk menyampaikan keinginan Datuk Belambangan dan istrinya agar bisa menetap didaerah baru itu. Usai mendengar pesan dari putri dan menantunya, rajapun memanggil para penasehatnya dan meminta pendapat para kaum cendekia dinegerinya. Para penasehatnya memandang bahwa keinginan dari putri dan menantu raja adalah baik dan tidak akan menyusahkan Kerajaan Simalungun. Setelah mendengar masukan dari para penasehatnya, maka raja Simalungun lalu mengirim pesan kepada putri dan menantunya bahwa sang raja menyetujui permohonan putri dan menantunya. Raja Simalungun lalu mengirimkan perlengkapan dan semua yang dibutuhkan oleh putri dan menantunya beserta rombongan mereka melalui utusan yang dikirimnya, dan juga mengirim serta rakyatnya yang tertarik untuk menetap dinegeri baru itu dan bersedia menjadi rakyat dari Datuk Belambangan.

Menurut legenda, tidak lama setelah titah pembangunan negeri baru itu diucapkan oleh Datuk Belambangan, dan juga ketika pembangunan itu masih terus dilaksanakan, berkumpulah rakyat negeri yang baru itu dan menghadap Datuk Belambangan. Rakyatnya itu meminta Datuk Belambangan itu menjadi raja dinegeri yang baru itu.

Entah bagaimana Kedatuan Batubara bisa resmi terbentuk, tetapi yang pastinya berdirinya kedatuan baru itu sudah direstui atau malah diprakarsai oleh pihak Simalungun, dengan restu dari Kesultanan Asahan sebagai kesultanan yang membawahi wilayah Simalungun. Cerita-cerita rakyat yang beredar menceritakan bahwa raja Simalungun mendukung penuh pendirian kedatuan baru itu dan merestui Datuk Belambangan sebagai penguasa Batubara.

Wilayah baru ini dinamakan “Batubara” sebab menurut cerita rakyat, pada awal pembangunan pemukiman dan awal pemerintahan di wilayah itu, rakyat menemukan banyak sekali batu-bara. Dalam legenda diceritakan bahwa seorang hulubalangnya yang ditugasi untuk mengawasi penggalian sumur, datang dan berteriak sambil menggenggam batu yang hitam warnanya, sambil berkata, “ini batu yang bisa menyala dan membara, batu bara....” Bukan hanya sebongkahan batu saja, tapi ditemukan banyak sekali batu hitam yang serupa dihampir disetiap sumur yang digali. Legenda-pun merekam titah Datuk Belambangan, “Mari kita namakan saja negeri ini sebagai Negeri Batu Bara, karena ada banyak batu yang bisa membara yang ditemukan disini,” dan mengumumkan pada rakyatnya bahwa nama negeri itu adalah Negeri Batubara.

Wilayah Kuala Gunung, yang menjadi wilayah pemukiman pertama, lalu menjadi pusat pemerintahan pertama kedatuan di Batubara dan baru berubah setelah kematian Datuk Belambangan. 

Rombongan Datuk Belambangan yang mendatangi wilayah Simalungun pada sekitar tahun 1676-1680 diakui sebagai rombongan pertama. Datuk Belambangan tinggal lama di wilayah Simalungun dan Batubara, dan semasa itu beliau belum pernah kembali lagi ke kampung halamannya di Pagaruyung. Tidak begitu lama setelah Kedatuan Batubara didirikan secara de facto, istri Datuk Belambangan memasuki waktu bersalin. Sang permaisuri berhasil melahirkan seorang bayi perempuan. Dikatakan bahwa putri Datuk Belambangan ini tumbuh menjadi gadis yang cantik, hingga kemudian utusan-utusan ayahnya dari Pagaruyung tiba.

Tidak diketahui kapan pastinya rombongan kedua ini tiba. Jika mengacu pada usia akil balig putri Datuk Belambangan, sesuai dengan tradisi pada masa itu, yang menginjak usia 16-18 tahun saat rombongan kedua itu tiba di Simalungun dan kemudian di Batubara, maka itu artinya Datuk Belambangan menerima rombongan kedua yang adalah utusan-utusan ayahnya sekitar tahun 1692-1698.

Dalam rombongan kedua dari Pagaruyung itu, selain ada beberapa tetua dan juga hulubalang, turut serta juga empat pemuda bangsawan dari Pagaruyung. Keempat pemuda ini termasuk dalam kelompok yang tidak ikut kembali ke Pagaruyung mengikuti kepulangan utusan-utusan dari rombongan kedua dan beberapa anggota rombongan pertama yang dulu berburu bersama-sama dengan Datuk Belambangan sebab beberapa orang dari rombongannya dulu rupanya begitu rindu pada kampung halamannya sehingga mereka memutuskan untuk pulang ke Pagaruyung. Ada beberapa orang dari rombongan kedua, termasuk keempat pemuda itu, yang diperintahkan tinggal oleh pemimpin rombongan kedua dengan maksud membantu Datuk Belambangan dan membangun Kedatuan Batubara. Keempat pemuda itu adalah Datuk Jenan, Datuk Paduka Raja, Datuk Panglima Muda, dan Datuk Ayung.

Keempat pemuda dari Pagaruyung yang tinggal dinegeri Batu Bara mulai melakukan tugas-tugas mereka untuk menjadi abdi raja. Karena mereka adalah orang-orang kepercayaan raja dan juga kerabat dekat Baginda Raja Batu Bara, maka Datuk Belambangan menerima lamaran mereka saat mereka meminang putri-putri raja. Karena Datuk Belambangan hanya memiliki seorang putri maka dia mengangkat tiga orang putri sebagai anaknya dan menikahkan mereka dengan para pemuda itu. Agar tidak terjadi perebutan kekuasaan di wilayahnya, seperti yang sebelumnya terjadi di Pagaruyung, Datuk Belambangan membagi wilayah kekusaannya menjadi empat wilayah, sesuai dengan jumlah anak-anaknya, dan menyerahkan pemerintahan empat wilayah itu kepada menantu-menantunya. Sepeninggal Datuk, pusat pemerintahan-pun sudah tidak berada di Kuala Gunung lagi melainkan terbagi di empat wilayah yang sudah dibagi tadi.

Datuk Belambangan meninggal diusia tua dan dimakamkan di Kuala Gunung. Letak makamnya berada di Kecamatan Lima Puluh, Batubara, Sumatera Utara. Makamnya dinamakan “Kubah Keramat Tok Batubara”.






DATUK BELAMBANGAN DAN KETURUNANNYA

Datuk Belambangan awalnya adalah seorang pangeran dari Kerajaan Alam Minangkabau sehingga beliau menurunkan garis Minangkabau pada keturunannya. Datuk Belambangan dan keluarga asalnya berasal dari Dinasti Mauli.

LELUHUR:
- Maharaja Adityawarman, pendiri Kerajaan Kerajaan Alam Minangkabau. Memerintah pada 1347-1375.
- Maharaja Ananggawarman, pengganti Adityawarman yang mulai memerintah pada 1375 hingga waktu yang tidak diketahui. Beliau adalah penguasa Pagaruyung ketika Sumatera diserbu balatentara Majapahit kurun tahun1409-1417.
- Raja Wijayawarman, menantu dan pengganti Ananggawarman.
- Ratu Puti Panjang Rambut II, pengganti dan putri Raja Wijayawarman. Beliau memerintah pada 1441-1470.


KELUARGA:
- Kakek : Raja Gamuyang atau Daulat Yang Dipertuan Raja Gamuyang Sultan Bakilap Alam (bergelar Sultan Alif Khalifatullah Johan Berdaulat Fil’alam I), pendiri Istana Silinduang Bulan pada tahun 1550.
- Ayah : Raja Bujang

- Istri : Putri raja Simalungun dari klan Damanik


KETURUNAN
Keturunan Datuk Belambangan dikenal sebagai raja-raja dan kaum bangsawan yang sangat gencar melawan Belanda. Berikut ini adalah anak-anak dan keturunan beliau:


I. PUTRI GADIS Br.SINAGA (Cik Gadih atau Puang Gadih)

Putri Gadis menikah dengan Datuk Jenan dari klan Tanah Datar di Pagaruyung. Beliau adalah putri tunggal Raja Belambangan sebab dia adalah putri satu-satunya. Putri-putri raja yang lain adalah putri angkat. Datuk Jenan lalu diberikan wilayah di pesisir Selat Malaka yang diberi-nama Kedatuan Tanah Datar (sesuai dengan nama klan Datuk Jenan di Pagaruyung) dengan pusat pemerintahan di Padang Genting. Datuk Jenan adalah raja pertama Kedatuan Tanah Datar. Selain menggunakan nama “Datuk Jenan”, beliau juga dikenal dengan nama “Datuk Jennaton” yang diberikan oleh keluarga istri keduanya. Putri Gadis meninggal mendahului Datuk Jenan, sedangkan Datuk Jenan meninggal di Pulau Penang, Malaysia, pada tahun 1789. keturunan Datuk Jenantaon kelak banyak sekali yang menjadi orang-orang terpandang di Malaysia. Kedatangan Datuk Jenan ke pulau Penang lebih awal dari kedatangan Francis Light di pulau itu (Muhamamad Yusuf Morna, Sejarah Batubara Dari Masa Ke Masa halaman 47, 2010). Pernikahan Putri Gadis dengan Datuk Jenan menghasilkan sepasang anak:


1.PUTRI INTAN, putri sulung Putri Gadis dan Datuk Jenan.

Keturunan Putri Intan kelak menduduki tahta Kedatuan Tanah Datar sepeninggal adiknya.
Putri Intan menikah dengan seorang kerabat dari neneknya dari Kerajaan Simalungun yang bernama Laudin Damanik (Tok Laung). Mereka hanya memiliki seorang anak yang bernama Pangeran Akas. Kelak, Pangeran Akas diangkat menjadi panglima kerajaan sehingga dalam sejarah, beliau dikenal dengan nama “Datuk Panglima Akas”. Pangeran Akas kemudian menggantikan Raja Pambosar sebagai raja Kedatuan Tanah Datar dan keturunannya turun-temurun memerintah Kedatuan Tanah Datar.


2.RAJA PAMBOSAR, putra tunggal Putri Gadis dan Datuk Jenan sekaligus penerus Datuk Jenan sebagai raja di Kedatuan Tanah Datar, yang mulai berkuasa sekitar tahun 1738-1740.

Raja Pambosar lahir dengan nama Pangeran Beramban, yang bergelar “Tok Ongah Beramban” saat masih menjadi pangeran. Setelah beliau diangkat menjadi raja Kedatuan Tanah Datar beliau diberi gelar “Datuk/Raja Pambosar”. Raja Pambosar naik tahta tidak setelah kematian ayahnya, sebab ayahnya mengundurkan diri dan menyerahkan kerajaan pada Raja Pambosar. Ayahnya, Datuk Jenan, lalu memilih menghabiskan hari-tuanya sebagai saudagar dan hidup dengan berlayar mengarungi Selat Malaka.

Anak-anak Raja Pambosar (cicit Datuk Belambangan) adalah:

- Putra Mahkota Mahkota Husin (Tok Muda Husin), putra pertama Raja Pambosar. Seharusnya dialah yang menjadi raja menggantikan ayahnya tetapi beliau meninggal saat berada di Mekkah ketika sedang belajar agama Islam sembari menunaikan Ibadah Haji. Sebelum berangkat ke Mekkah, beliau diangkat sebagai Bendahara Kerajaan Siak diseluruh wilayah Batubara yang jabatannya diwariskan turun-temurun. Sehingga, wilayah yang menjadi pusat pemerintahannya sebagai seorang syahbandar juga dianggap sebagai suatu kedatuan. Kedatuan inilah yang kemudian menjadi Kedatuan Bogak, sehingga beliau dinobatkan sebagai raja pertama Kedatuan Bogak.

- Putri Siti (Cik Udo Siti), putri kedua Raja Pambosar. Beliau menikah dengan seorang bangsawan Deli yang bernama Datuk Tamboke. Putri Siti adalah salah-satu nahkoda wanita ternama dari Sumatera. Namanya sangat terkenal hingga ke Malaysia dan negeri-negeri pesisir Asia Tenggara berkat aktivitas dagangnya di negeri-negeri itu.

- Putri Imas (Cik Mas), putri ketiga Raja Pambosar. Beliau menikah dengan seorang bangsawan Aceh yang bernama Datuk Jamalludin. Datuk Jamalludin mengabdi pada Kedatuan Tanah Datar sebagai pejabat administratif kemasyarakatan dan keagamaan.

- Pangeran Kelana (OK. Kelana), putra bungsu Raja Pambosar. Dia diberi gelar “Orang Kaya” (disingkat OK), yang menunjukkan perannya sebagai saudagar kerajaan saat itu. Sayangnya, Pangeran Kelana meninggal diusia muda saat terjadi huru-hara di Kedatuan Tanah Datar.






II. PUTRI PADUKA RAJA Br.SINAGA

Encik Paduka Raja Br.Sinaga menikah dengan seorang bangsawan Pagaruyung yang bernama Datuk Paduka Raja dari klan Lima Puluh. Beliau adalah salah-satu putri angkat Raja Belambangan yang diambil dari kerabat istrinya. Datuk Paduka Raja lalu diberikan sebagian wilayah Batubara di pesisir Selat Malaka yang diberi-nama Kedatuan Lima Puluh (sesuai dengan nama klan Datuk Paduka Raja di Pagaruyung) dengan pusat pemerintahan di Parupuk. Datuk Paduka Raja adalah raja pertama di Kedatuan Lima Puluh. Pernikahan Datuk Paduka Raja Putri dengan suaminya, Datuk Paduka Raja menghasilkan dua orang anak laki-laki (cucu Raja Belambangan):



1. DATUK RAJA MUDA
Datuk Raja Muda adalah putra sulung Datuk Paduka Raja sekaligus pewaris tahtanya. Beliau memiliki tiga orang putra yang bernama Pangeran Sa’omo, Pangeran Setia Muda, dan Pangeran Mad Putih. Pangeran Sa’omo adalah penerus Datuk Paduka Raja sebagai raja Kedatuan Lima Puluh dengan gelar “Raja Indra Setia”. Sa’omo memerintah sebagai penguasa Kedatuan Lima Puluh pada tahun 1820-1876. Datuk Sa’omo tidak memiliki anak laki-laki sehingga dia mengambil keponakannya, Wan Bagus (cucu Datuk Jenal) sebagai anak angkatnya untuk meneruskan tahta. Pangeran Wan Bagus kemudian menjadi penguasa Kedatuan Lima-puluh dengan gelar “Raja Ongku”. keturunan beliau-lah yang menjadi penguasa Kedatuan Lima Puluh turun-temurun.


2. PANGERAN JENAL
Pangeran Jenal adalah putra kedua sekaligus putra bungsu Datuk Paduka Raja. Beliau bukan pewaris tahta, tetapi sepeninggal keponakannya, Raja Indra Setia, cucunya-lah yang diangkat menjadi raja Kedatuan Lima Puluh. Pangeran Jenal memiliki dua putra yang bernama Pangeran Ismail dan Pangeran Imam Baqi. Pangeran Ismail memiliki dua putra (Wan Bagus dan Wan Tomong) dan Pangeran Imam Baqi memiliki lima orang anak. Putra sulung Pangeran Ismail yang bernama Wan Bagus diangkat menjadi anak sekaligus putra mahkota raja saat itu, Pangeran Indra Setia, yang tidak memiliki anak laki-laki. Wan Bagus lalu menjadi penguasa Kedatuan Lima Puluh sepeninggal pamannya dan keturunannya berkuasa di Kedatuan Lima Puluh turun-temurun hingga kedatuan itu runtuh.






III. PUTRI PANGLIMA MUDA Br.SINAGA

Encik Panglima Muda Br.Sinaga menikah dengan seorang bangsawan Pagaruyung dari wilayah Pangkalan yang bernama Datuk Panglima Muda. Setelah menikah, Encik Panglima Muda Br.Sinaga dan suaminya lalu diberikan sebagian wilayah Batubara di pesisir Selat Malaka yang diberi-nama Kedatuan Pangkalan (sesuai dengan nama daerah asal suaminya di Pagaruyung yang berasal dari wilayah pesisir Sungai Kapuk di Rantau Lima Puluh Koto, Pagaruyung, sebab “pangkalan” berarti “pesisir” ) dengan pusat pemerintahan di Talawi. Datuk Panglima Muda adalah raja pertama di Kedatuan Pangkalan dengan gelar “Raja Semuangsa Tua”. Kedatuan Pangkalan ini biasanya juga disebut “Kedatuan Pesisir”. Tidak jarang juga kedatuan ini disebut “Kedatuan Pangkalan Pesisir” oleh orang-orang dari luar Batubara. Pernikahan Encik Panglima Muda Br.Sinaga dengan suaminya menghasilkan tiga orang anak laki-laki (cucu Raja Belambangan), yang ketiga-ketiganya menjadi penguasa kedatuan, yaitu: 


1.RAJA SEMUANGSA I
Raja Semuangsa I adalah putra pertama sekaligus putra pewaris Raja Semuangsa Tua. Nama lahirnya adalah Jalil sehingga beliau dikenal dengan nama Pangeran Jalil, kemudian dipanggil Putra Mahkota Jalil atau Datuk Muda Jalil. Penerus Raja Semuangsa I adalah adiknya, Pangeran Muhammad Idris.



2.RAJA PAMUNCAK
Raja Pamuncak adalah putra kedua Raja Semuangsa Tua. Nama lahirnya adalah Muhammad Idris sehingga beliau juga dikenal dengan nama Datuk Muhammad Idris. Berbeda dengan kakak dan adiknya yang tertarik melanjutkan pemerintahan ayahnya di Kedatuan Pangkalan, Pangeran Muhammad Idris memilih menjadi pelaut dan berkelana. Beliau lalu berkelana hingga tiba di daerah yang bernama Kuala Pagurawan. Dia sangat ingin tinggal disana sehingga dibukalah daerah itu menjadi kawasan baru dan beliau lalu diangkat menjadi penguasa kedatuan baru itu dengan gelar “Raja Pamuncak”. Kedatuannya dinamai “Kerajaan Pagurawan”. Putra-putra Raja Pamuncak adalah:

- Raja Sri Batara
Beliau adalah pewaris Raja Pamuncak. Nama lahirnya adalah Pangeran Muhammad Noor. Beliau menikahi adik kandung Raja Siantar, yang bernama Putri Perano. Putra-putra Raja Sri Batara adalah Putri Cahaya, Putra Mahkota Muhammad Yusuf, dan Pangeran Akas. Pewaris Sri Batara adalah Pangeran Muhammad Yusuf yang bergelar “Raja Setiawangsa”. Pemerintahan beliau dibantu oleh adiknya, Pangeran Akas. Karena gencar melawan Belanda, Raja Setiawangsa, yang kalah perang, diasingkan Belanda ke Bengkalis hingga meninggal disana. Beliau digantikan putra sulungnya, Pangeran M.Nurdin, yang bergelar Raja Setia Maharaja Lela. Putranya inipun melawan Belanda dan dipaksa turun tahta. Beliau digantikan adiknya, Pangeran Sanding, yang bergelar Raja Setia Putra Raja. Lagi-lagi raja Pagurawan melawan Belanda dan diasingkan. Raja Setia Putra Raja adalah raja terakhir Kedatuan Pagurawan sebab Kedatuan Pagurawan dihapus oleh Belanda dan digabungkan dengan kedatuan-kedatuan lain, yaitu Kedatuan Sipare-pare dan Kedatuan Tanjung Kasau. Tiga kedatuan ini lalu dinamakan Kedatuan Indrapura.

- Pangeran Sri Maharaja
Beliau adalah putra bungsu Raja Pamuncak. Tidak diketahui dengan pasti riwayat keturunannya.



3.RAJA SEMUANGSA II
Raja Semuangsa II adalah putra bungsu Raja Semuangsa Tua. Nama lahirnya adalah Muhammad Husin sehingga beliau juga dikenal dengan nama Datuk Muhammad Husin. Beliau ditunjuk oleh ayahnya, Raja Semuangsa Tua, untuk membantu putra mahkota menjalankan pemerintahan. Kemungkinan beliau naik tahta atas wasiat resmi ayahnya atau kakaknya, sebab putra pewaris kakaknya, Raja Semuangsa I, lebih memilih menjadi saudagar. Raja Semuangsa II memiliki dua orang putra yaitu Pangeran Abdul dan Pangeran Johan Pahlawan. Anak-anak Pangeran Abdul adalah Pangeran Abdullah (ayah dari Raja Abdul Jalil, raja terakhir Kedatuan Pangkalan) dan Putri Halimah. Sedangkan, Pangeran Johan Pahlawan memiliki dua orang putra, Pangeran Ibrahim dan Raja Indera Jaya Indera Jaya (ayah dari Raja Indera Johan).





IV. PUTRI AYUNG Br.SINAGA

Encik Ayung Br.Sinaga menikah dengan seorang bangsawan Pagaruyung dari wilayah Limah Puluh, Pagaruyung yang bernama Datuk Ayung. Beliau adalah salah-satu putri angkat Raja Belambangan yang diambil dari kerabat istrinya. Setelah menikah, Encik Ayung Br.Sinaga dan suaminya lalu diberikan sebagian wilayah Batubara di pesisir Selat Malaka yang diberi-nama Kedatuan Lima Laras (sesuai dengan nama daerah asal suaminya di Pagaruyung yang bernama Lima Lareh). Datuk Ayung adalah raja pertama di Kedatuan Lima Laras. Pernikahan Encik Ayung Br.Sinaga dengan suaminya menghasilkan setidaknya seorang anak laki-laki (cucu Raja Belambangan) yang bernama Pangeran Masidin. Putra mereka inilah yang menggantikan Datuk Ayung sebagai penguasa Kedatuan Lima Laras dengan gelar “Paduka Raja Sri Indra”. Paduka Raja Sri Indra lalu digantikan oleh putranya, Pangeran Ramah, yang bergelar “Raja Sri Asmara”. Raja Sri Asmara memiliki dua orang putra (cicit Encik Ayung B.Sinaga) yang bernama:


1.PUTRA MAHKOTA LAKSAMANA PUTRA
Pangeran Laksamana Putra adalah putra pertama dan pewaris Raja Sri Asmara. Beliau dikenal sebagai salah satu raja Sumatera yang anti-Belanda. Atas hasutan penguasan Kedatuan Bogak, Belanda menyerbu Kedatuan Lima Laras. Laksamana Putra terpaksa mengungsi ke Kesultanan Serdang sepanjang serbuan Belanda itu, sedangkan putra pewarisnya, Putra Mahkota Abdullah, memilih tetap tinggal dan berperang melawan Belanda. Pasukan Pangeran Abdullah dikalahkan oleh Belanda, yang berhasil memasuki dan membakar istana kerajaan. Pangeran Abdullah ditawan dan diasingkan oleh Belanda. Datuk Laksamana Putra yang berlindung di Kesultana Serdang akhirnya juga ditawan Belanda setelah Belanda berhasil menaklukan Kesultanan Serdang dalam rangkaian serbuan mereka ke Sumatera Timur.


2.RAJA SRI INDERA
Raja Sri Indera adalah putra kedua Raja Sri Asmara. Dia menggantikan kakaknya, Raja Laksamana Putra, sebagai penguasa Kedatuan Lima Laras setelah Kedatuan Lima Laras ditaklukan oleh Belanda. Raja Sri Indera terpaksa menandatangani berbagai perjanjian yang menguntungkan Belanda. Tetapi, beliau setelah meninggal dan tahta diduduki oleh putranya, Pangeran Muhammad Yudha, yang bergelar Raja Sri Diraja, Kedatuan Lima Laras kembali membangkang dan melawan Belanda. Raja Sri Diraja adalah penguasa terakhir Kedatuan Lima Laras sebab kerajaan ini akhirnya dihapus oleh Belanda dan digabungkan dengan Kedatuan Bogak. Dua kerajaan yang digabungkan ini dinamakan Kedatuan Suku Dua yang pusatnya di Tanjung Tiram.




-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KETERANGAN:

- Setiap pria kerabat dan keturunan Datuk Belambangan, juga para pria bangsawan dan orang terpandang dari Sumatera, biasanya diberi gelar atau menggunakan gelar “Datuk”. Tetapi, dalam artikel ini beberapa tokoh, yang juga menggunakan gelar “Datuk”, diubah gelarnya menjadi gelar raja, pangeran, putra-mahkota, jenderal, panglima, dll, agar lebih jelas dan bisa lebih mudah dipahami mengenai kedudukan mereka dalam pemerintahan.

- Setiap wanita kerabat dan keturunan Datuk Belambangan, juga para wanita bangsawan dan terpandang dari Sumatera, biasanya diberi gelar atau menggunakan gelar “Encik”, tetapi dalam artikel ini beberapa tokoh yang juga menggunakan gelar “Encik” diubah gelarnya menjadi gelar ratu, putri, dll, agar lebih jelas dan bisa lebih mudah dipahami mengenai kedudukan dan status mereka.

- Dinasti Mauli : Dinasti asal Pagaruyung yang menjadi penerus Dinasti Sailendra dari Kerajaan Sriwijaya sebagai penguasa Sumatera.

- OK = Orang Kaya: Salah-satu gelar orang orang Melayu yang diberikan bagi para bangsawan atau tamu asing yang biasanya merupakan saudagar (pedagang) kaya atau dianggap sebagai saudagar kaya.

- Tok Muda = Datuk Muda : Artinya sama seperti “Tuan Muda”, dan biasa juga digunakan untuk menyebut “Putra Mahkota” pada kedatuan-kedatuan kecil.

- Raja Muda : Gelar yang diberikan pada putra-mahkota, seperti gelar “Pangeran Mangkubumi” pada kerajaan-kerajaan Jawa, gelar “Seja” di Kerajaan Joseon, gelar “Prince Of Wales” di Kerajaan Inggris Raya, atau gelar “Prince D’Asturias” dari Kerajaan Spanyol. Ada perbedaan antara gelar Raja Muda di kerajaan-kerajaan Melayu dengan gelar putra mahkota dari kerajaan-kerajaan lain yaitu Raja Muda adalah putra-mahkota yang telah diserahkan tugas oleh raja untuk menjalankan pemerintahan sebagai penguasa de facto. Walau beberapa kesultanan atau kerajaan atau kedatuan di Sumatera juga menggunakan gelar “Datuk Muda” untuk putra mahkota, tetapi ada perbedaan antara seorang “Datuk Muda” dan seorang “Raja Muda”. Putra-mahkota yang bergelar “Datuk Muda” juga memang adalah pangeran pewaris, tetapi pemilik gelar ini tidak menjadi penguasa de facto atau pelaksana pemerintahan. Pewaris yang bergelar “Raja Muda”-lah yang bisa menjalankan pemerintahan sebagai wakil raja.




------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ARTIKEL INI DISUSUN DAN DITERBITKAN PERTAMA KALI
OLEH DELEIGEVEN MEDIA

SETIAP ARTIKEL YANG MEMILIKI ISI, SUSUNAN, DAN GAYA PENULISAN
YANG MIRIP DENGAN ARTIKEL INI MAKA ARTIKEL-ARTIKEL TERSEBUT
MENYADUR ARTIKEL INI.

DILARANG KERAS MEMPLAGIAT ARTIKEL INI!

CANTUMKAN LINK LENGKAP ARTIKEL INI DISETIAP KALIMAT YANG ANDA DISADUR DARI ARTIKEL INI. SESUAI UNDANG-UNDANG HAK CIPTA, JIKA MENYADUR/MENG-COPY MINIMAL SEPULUH KATA TANPA MENCANTUMKAN SUMBER DARI KALIMAT ITU (BERBEDA DARI PENCANTUMAN SUMBER DI CATATAN KAKI (FOOTNOTE) MAKA ITU ADALAH TINDAKAN PLAGIARISME.

JIKA ANDA MENYADUR SEBAGIAN BESAR ARTIKEL INI MAKA ANDA HARUS MENCANTUMKAN KALIMAT:
"ARTIKEL INI DISADUR DARI....(LINK ARTIKEL INI) YANG DITERBITKAN OLEH DELEIGEVEN MEDIA",
ATAU:"SUMBER UTAMA DARI SEBAGIAN BESAR INFORMASI ARTIKEL INI DIAMBIL DARI (LINK ARTIKEL INI) YANG DITERBITKAN OLEH DELEIGEVEN MEDIA"  
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Notes (Catatan):

*We strongly recommend all readers to read all the comments below for the other details which not mentioned by this article
(Sangat disarankan bagi para pembaca untnk melihat komentar-komentar artikel ini sebab beberapa komentar membahas rincian informasi yang tidak ditulis dalam artikel ini)

*Get various information about history in ENGLISH by open or follow our Instagram account: @deleigevenhistory
(Dapatkan berbagai informasi sejarah dalam bahasa Inggris di akun instagram kami @deleigevenhistory)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Copyrights Story: Deleigeven Media

Penyusun:
Penulis : Deleigeven
Editor : Juliet
Desain : Deleigeven
Penerbit: Deleigeven Media


DAFTAR PUSTAKA:
- Alam Terkembang Jadi Guru: Adat Dan Kebudayaan Minangkabau; Navis, A.A; PT.Grafiti Pers; Jakarta; 1984
- An Indonesian Frontier: Acehnese and Other Histories Of Sumatra; Reid, Anthony; Nus Press; 2005.
- Sejarah Batubara Dari Masa Ke Masa; Morna, Muhammad Yusuf; Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Batubara; 2010.


SUMBER WEBSITE:
Wikipedia
Tanahdatar.go.id

6 comments:

  1. Perlu dikaji lebih dalam bentuk seminar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya. Memang kisah sejarah ini masih belum populer dan data-datanya sangat minim.
      Semoga informasi dari artikel ini bisa membantu. Salam.

      Delete
  2. Keturunan pangeran Sri Maharaja anak bungsu pangeran Muhammad idris Ada di pulau pinang

    ReplyDelete
  3. Klo Datuk Siam itu keturunan yg keberapa ya ?

    ReplyDelete
  4. Sebagai orang Melayu batubara Saya sangat senang membaca artikel ini bahkan sudah berulang kali, tp belakangan sy ada luhat di Wikipedia tentang raja raja yang memerintah di pagaruyung jika dikaitkan dengan pangeran Blambangan apa tidak salah tahunnya (1676-1680), yang jadi ganjalan hati saya adalah tahunnya saja karena pd tahun yg di maksud ada perbedaan nama raja yang memerintah di pagaruyung dan sy temukan juga ada sampe hampir 100 tahun tdk tercatat nama raja yang memerintah di pagaruyung sampai msknya islam di sana, apakah tdk mungkin kisah ini berlaku pada tahun yang tdk tercatat nama rajanya, mohon maaf jika saya salah memahami dari hasil bacaan beberapa sumber lainnya.

    ReplyDelete
  5. apakah ada butiran lebih terperinci berkaitan susur galur di bawah Datuk Raja Muda dan ketiga-tiga anaknya? (Pangeran Sa'omo, Pengeran Setia Muda dan Pangeran Mad Putih)

    ReplyDelete

CATATAN PADA PARA PEMBACA:

-Silahkan membaca, mengambil, dan menggunakan artikel ini dalam karya tulis anda tapi CANTUMKAN KREDIT LENGKAP ARTIKEL INI dalam daftar sumber anda dan JANGAN MENYADUR/MENGCOPY-PASTE apalagi MEM-PLAGIAT 100% isi tulisan ini. Kembangkanlah kreativitas dalam penulisan anda.

-Pembaca DAPAT memberikan komentar dengan akun TANPA NAMA (Annonymous).

-Gunakanlah kata-kata yang baku agar komentar tidak dikategorikan sebagai "komentar Spam" secara otomatis oleh google filter machine.

-Harap MEMBACA ARTIKEL INI dan komentar-komentar sebelum anda DENGAN TELITI sebelum berkomentar, karena mungkin pertanyaan anda TELAH DIJELASKAN secara langsung melalui artikel ini, dan juga agar pertanyaan-pertanyaan yang sama tidak ditanyakan secara berulang.

-DILARANG memberikan informasi dan komentar yang melecehkan Suku, Agama, Ras, dan golongan tertentu (SARA) dan mengandung unsur pornografi.

-Kami menerima setiap kritik dan masukan dari para pembaca melalui kolom komentar, namun Setiap komentar yang melecehkan pihak lain, baik pelecehan berbau SARA atau yang mencerminkan FANDOM WAR akan kami HAPUS.

-Setiap komentar dan iklan yang mengandung unsur PORNOGRAFI dan PERJUDIAN, dan ajakan untuk bergabung dalam usaha SIMPAN PINJAM, KREDIT USAHA dan sejenisnya akan KAMI HAPUS karena berpotensi terjadi PENIPUAN.

-Jika anda memiliki informasi tambahan yang berhubungan dengan artikel ini, kami sangat senang jika anda membagikannya pada pembaca yang lain melalui website ini dan kami sangat senang jika anda juga turut membagikan artikel ini pada orang lain.